Menjadi lembaga pendidikan unggulan yang mampu mencetak generasi berakhlakul karimah, memiliki rasa nasionalisme tinggi dan mampu bersaing dalam dunia global

Selasa, 11 Januari 2011

Profil KB-RA Istiqlal

Profil KB-RA Istiqlal Jakarta

a. Pendahuluan
Pendidikan mempunyai fungsi memberdayakan dan mengoptimalkan sifat-sifat dasar (fitrah) seorang anak yang ada sejak awal penciptaannya agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Hal ini untuk menyiapkan generasi bangsa yang beriman, bertaqwa, cerdas, sehat, mandiri, cakap, bertanggung jawab dan demokratis yang berbasis pada nilai kehidupan beragama, sehingga kelak anak akan mempunyai rasa nasionalisme dan kebangsaan yang tinggi.
Melalui sistem dan metode pendidikan belajar melalui bermain integrasi nilai-nilai kehidupan beragama dengan pendekatan sentra dan saat lingkaran, yang berintikan pada nilai-nilai Rukun Iman, Rukun Islam, dan Ihsan, Insya Allah tujuan pendidikan di atas dapat terwujud yaitu lahirnya generasi yang menyakini dan menyeru kalimat “ Laailaahaillallaah” dan berperan sebagai khalifah di muka bumi.

b. Moto
Generasi berakhlakul karimah berwawasan nasionalisme dan global

c. Visi
Menjadi lembaga pendidikan unggulan yang mampu mencetak generasi berakhlakul karimah, memilki rasa nasionalisme tinggi dan mampu bersaing dalam dunia global.

d. Misi
• Mengaplikasikan nila-nilai kehidupan beragama sejak dini yang berintikan pada 6 (enam) rukun iman, 5 (lima) rukun islam dan ihsan
• Memakmurkan Masjid Istiqlal sebagai tempat kegiatan pendidikan dan menjadi contoh dalam pengembangan pendidikan nasional
• Mengembangkan sikap kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan budaya nasional
• Melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar berbasis sains, informasi, dan teknologi
• Menerapkan program bilingual (dua bahasa) dalam proses pembelajaran
• Mengembangkan sistem “Belajar Melalui Bermain dan Belajar Melalui Bekerja Integrasi Nilai-nilai Kehidupan Beragama

e. Fungsi
• Sebagai percontohan dalam memfungsikan kegiatan belajar melalui bermain untuk menanamkan nilai-nilai kehidupan beragama sejak dini, menggunakan 10 (sepuluh) sentra bermain
• Sebagai contoh penyelenggaraan pendidikan usia dini didalam dan diluar lingkungan masjid, sekaligus menanamkan kecintaan anak kepada masjid sejak dini
• Sebagai penyelenggara pelatihan dan observasi bagi pengelola, penyelenggara dan pendidik anak usia dini baik formal, non formal dan informal serta para pemerhati masalah pendidikan anak usia dini (konsultan)

f. Tujuan
Membantu meletakkan dasar nilai-nilai kehidupan beragama serta seluruh aspek kepribadian (Multiple Inteligence) yang diperlukan anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya.

g. Metode Pendidikan
Menggunakan metode pendidikan belajar melalui bermain integrasi nilai-nilai kehidupan beragama dengan pendekatan sentra dan saat lingkaran melalui 10 (sepuluh) sentra bermain.

h. Hasil Pendidikan yang Hendak Dicapai
• Melatih dan membiasakan anak untuk memiliki sifat yang bijaksana dan jujur dalam perkataan dan perbuatan
• Senang meniru dan melakukan akhlak dan kepribadian Nabi Muhammad SAW seperti sabar, pemaaf, ikhlas, berani dll.
• Menyiapkan generasi yang mandiri dan mampu menyelesaikan masalah sesuai dengan perkembangan anak
• menyiapkan pribadi yang kreatif dan inovatif sesuai dengan perkembangan zaman
• Menyiapkan generasi yang cerdas, kreatif dan berbudi pekerti luhur

i. Fasilitas
• Taman bermain yang memadai
• Ruang belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan anak
• Ruangan ber AC
• Sentra belajar outdor & indor
• Perpustakaan disetiap sentra
• Tempat Penitipan Anak (TPA)
• Halaman parkir cukup memadai
• Lapangan olahraga
• Makan siang setiap hari

j. Kegiatan Pendukung Lainnya
• Pendidikan Pengenalan Amaliah Ramadhan
• Pendidikan Manasik Haji
• Kunjungan ke obyek-obyek tertentu sebagai penunjang tema / materi
• Program orang tua : seminar, simulasi, pelatihan komunikasi, parents day, observasi ,dan konsultasi perkembangan anak

k. Kegiatan Intrakurikuler
• Pengenalan sholat dzuhur setiap hari
• Asmaul Husna
• Pendidikan makan
• Kunjungan/kegiatanpenunjang tema setiap bulan
• Iqro'
• Olahraga pagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar