Menjadi lembaga pendidikan unggulan yang mampu mencetak generasi berakhlakul karimah, memiliki rasa nasionalisme tinggi dan mampu bersaing dalam dunia global

Profil

-->
Profil KB-RA Istiqlal Jakarta
a.      Pendahuluan
Pendidikan mempunyai fungsi memberdayakan dan mengoptimalkan sifat-sifat dasar (fitrah) seorang anak yang ada sejak awal penciptaannya agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Hal ini untuk menyiapkan generasi bangsa yang  beriman, bertaqwa, cerdas, sehat, mandiri, cakap, bertanggung jawab dan demokratis yang berbasis pada nilai kehidupan beragama, sehingga kelak anak akan mempunyai rasa nasionalisme dan kebangsaan yang tinggi.
Melalui sistem dan metode pendidikan belajar melalui bermain integrasi nilai-nilai kehidupan beragama dengan pendekatan sentra dan saat lingkaran, yang berintikan pada nilai-nilai Rukun Iman, Rukun Islam, dan Ihsan, Insya Allah tujuan pendidikan di atas dapat terwujud yaitu lahirnya generasi yang menyakini dan menyeru kalimat “ Laailaahaillallaah” dan berperan sebagai khalifah di muka bumi.

b.      Moto
Religius, Cerdas dan Berbudaya

c.       Visi
Terwujudnya lembaga pendidikan unggulan yang mampu mencetak generasi berakhlakul karimah, memiliki semangat nasionalisme tinggi dan mampu bersaing dalam dunia global.

d.      Misi 
  1. Mengamalkan nilai-nilai kehidupan beragama sejak dini yang berintikan pada 6 (enam) rukun iman, 5 (lima) rukun islam dan ihsan.
  2. Memakmurkan Masjid Istiqlal sebagai tempat kegiatan pendidikan dan menjadi contoh dalam pengembangan pendidikan nasional.
  3. Mengembangkan sikap kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan budaya Nasional.
  4. Melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar berbasis sains, informasi dan teknologi.
  5. Menerapkan program bilingual (dua bahasa) dalam proses pembelajaran
  6. Mengembangkan sistim pendidikan yang bermutu sesuai dengan tingkat perkembangan anak
e.      Fungsi
·           Sebagai percontohan dalam memfungsikan kegiatan belajar melalui bermain untuk menanamkan nilai-nilai kehidupan beragama sejak dini, menggunakan 10 (sepuluh) sentra bermain.
·           Sebagai contoh penyelenggaraan pendidikan usia dini didalam dan diluar lingkungan masjid, sekaligus menanamkan kecintaan anak kepada masjid sejak dini.
·           Sebagai penyelenggara pelatihan dan observasi bagi pengelola, penyelenggara dan pendidik anak usia dini baik formal, non formal dan informal serta para pemerhati masalah pendidikan anak usia dini (konsultan).

f.       Tujuan
Membantu program pemerintah dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman, bertakwa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis dan bertanggung jawab.

g.      Metode Pendidikan
Menggunakan metode pendidikan belajar melalui bermain integrasi nilai-nilai kehidupan beragama dengan pendekatan sentra dan saat lingkaran melalui 10 (sepuluh) sentra bermain.

h.      Hasil Pendidikan yang Hendak Dicapai
·           Melatih dan membiasakan anak untuk memiliki sifat yang bijaksana dan jujur dalam perkataan dan perbuatan.
·           Senang meniru dan melakukan akhlak dan kepribadian Nabi Muhammad SAW seperti sabar, pemaaf, ikhlas, berani dll.
·           Menyiapkan generasi yang mandiri dan mampu menyelesaikan masalah sesuai dengan perkembangan anak.
·           menyiapkan pribadi yang kreatif dan inovatif sesuai dengan perkembangan zaman.
·           Menyiapkan generasi yang cerdas, kreatif dan berbudi pekerti luhur.

i.        Fasilitas
·           Taman bermain yang memadai
·           Ruang belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan anak
·           Ruangan ber AC
·           Sentra belajar outdor & indor
·           Perpustakaan disetiap sentra
·           Tempat Penitipan Anak (TPA)
·           Halaman parkir cukup memadai
·           Lapangan olahraga
·           Makan siang setiap  hari

j.        Kegiatan Pendukung Lainnya
·           Pendidikan Pengenalan Amaliah Ramadhan
·           Pendidikan Manasik Haji
·           Kunjungan ke obyek-obyek tertentu sebagai penunjang tema / materi
·    Program orang tua : seminar, simulasi, pelatihan komunikasi, parents day, observasi ,dan  konsultasi perkembangan anak.

k.      Kegiatan Intrakurikuler 
  •         Pengenalan sholat dzuhur setiap hari 
  •             Asmaul Husna  
  •       Pendidikan makan
  •       Kunjungan/kegiatanpenunjang tema setiap bulan 
  •       Iqro'
  •             Olahraga pagi
 l.   Pilar Keunggulan

        Akhlakul Karimah
Sains
Bahasa
Informasi dan Teknologi
Nasionalisme

M.   Slogan Mutu
      Truly Islamic School

N. Kebijakan Mutu
  1.     Berusaha menerapkan sistem manajemen mutu (SMM) ISO: 14.000
  2.     Memberikan kepuasan pelanggan melalui peningkatan prestasi dan pelayanan prima.
  3.    Menjalin komunikasi dan kerjasama dengan institusi pemerintah dan masyarakat (vertikal dan horizontal).
  4.     Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan.
  5.      Memenuhi standar pendidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.